Jumat, Oktober 01, 2010

PERANCANGAN APLIKASI ANGKA ROMAWI MENGGUNAKAN VISUAL BASIC 6.0

Dalam satuan perhitungan dan sistem penomoran dikenal satuan angka romawi, yang merupakan susunan angka dengan menggunakan huruf sebagai simbol penomoran. Huruf – huruf yang digunakan dalam sistem penomoran angka romawi berjumlah 7 huruf:
I  =  1 , V  = 5 , X = 10 , L = 50 , C = 100 ,  D = 500 , M = 1000.
Sering kali kita kesulitan dalam membaca atau mengetahui angka desimal dari satuan angka romawi. Misalanya, berpakah angka desimal dari angka romawi CLXXVII ??.  memerlukan waktu yang lama untuk mengetahui jawabanya.
Dengan mengunakan Aplikasi Angka Romawi ini, maka tidak ada kesulitan lagi dalam mengkonverter angka romawi ke angka desimal, atau pun sebaliknya.

Ini adalah form menu utama dalam aplikasi angka romawi. Pada menu utama terdapat  5 buah button, tanggal romawi dan jam romawi. Button -1 untuk mengkonverter dari angka desimal ke angka romawi. Button-2 untuk mengkonverter dari angka romawi ke angka desimal. Button-3 untuk hitungan (kalkulator ) angka romawi. Button -4 untuk game angka romawi.  Button-5 untuk stop music.

Ini adalah form mengubah angka desimal ke angka romawi. Inputkan angka desimal pada text box yang tersedia, kemudian klik button Proses, maka angka romawi akan tampil beserta penjelasannya. Angka desimal yang dapat di inputkan dari 1 – 3999. Apabila kita menginputkan selain angka tersebut , maka pesan peringatan akan tampil.
 

  Ini adalah form mengubah angka romawi ke angka desimal. Inputkan angka romawi pada text box yang tersedia, kemudian klik button Proses, maka angka desimal akan tampil beserta penjelasannya. Apabila kita menginputkan angka romawi yang salah (penulisannya tidak benar), maka pesan peringatan akan tampil.

 Ini adalah form utama hitungan angka romawi. Hitungan angka romawi sama seperti kalkulator, bedanya Cuma menggunakan angka romawi. Ter dapat 3 button pada menu tersebut. Button – 1 untuk menghitung penjumlahan. Button – 2 untuk menghitung pengurangan. Button – 3 untuk menghitung perkalian.

 Ini adalah form hitungan angka romawi. Inputkan angka romawi pada text box yang tersedia kemudian klik button “=” maka akan tampil hasilnya.




Ini adalah form utama game angka romawi. Game angka romawi adalah menjawab perhitungan angka romawi. Ter dapat 3 button pada menu tersebut. Button – 1 untuk game menghitung penjumlahan. Button – 2 untuk game menghitung pengurangan. Button – 3  untuk game menghitung perkalian.
 
 
Ada juga pilihan tingkat kesulitan dari game angka romawi ini.
Mudah = nyawa (10) dan ganti soal (10)
Lumayan = nyawa (5) dan ganti soal (10)
Sulit= nyawa (5) dan ganti soal (5)
Untuk memainkan game ini, kita tinggal  menginputkan jawaban (berupa angka romawi) kemudian tekan enter. Button ganti soal untuk mengganti soal apabila kita kesulitan dalam menjawab, ganti soal dibatasi oleh angka disampingnya.





****KARENA MASIH BANYAK YANG BELUM DI JELASKAN
***** UNTUK KETERANG LEBIH LANJUT / ADA PERTANYAAN SILAHKAN HUBUNGI

1 komentar: