Rabu, September 29, 2010

Membuat Program Kredit Menggunakan Visual Basic 6.0

Sebagai salah satu persyaratan dalam menyelesaikan skripsi pada program pendidikan Strata 1 (S-1) Jurusan Teknik Informatika pada Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Indonesia Banjarmasin, maka setiap mahasiswa wajib mengambil mata kuliah Praktek Kerja Lapangan (PKL).
Pada tanggal 27 Juli 2009 sampai dengan 27 Agustus 2009 saya melaksanakan Praktek Kerja Lapangan (PKL) disalah satu bank terbesar di kalimantan selatan.
Tujuan saya membuat program ini adalah untuk melengkapi Laporan Praktek Kerja Lapangan  yang berjudul “MODEL APLIKASI KREDIT MENGGUNAKAN PEMROGRAMAN VISUAL BASIC 6.0”

Desain Menu Utama Aplikasi Kredit
Menu utama merupakan penghubung antara form satu dengan form lain agar mempermudah user untuk memahami dan menggunakan Model Aplikasi Kredit.


Dalam menu “Menu” terdapat submenu “Nasabah” dan “Teller”.  Submenu “Nasabah” berfungsi untuk mendaftarkan Nasabah yang ingin Meminjam Uang. Sedangkan untuk submenu “Teller” berfungsi untuk mendaftarkan Teller agar dapat menggunakan Model Program Aplikasi Kredit.
Untuk membuka form “Nasabah”,  Klik Menu “Menu” kemudian klik “Nasabah”, maka form Nasabah akan tampil, dapat juga dilakukan dengan menekan tombol keyboard “Ctrl + N”.
Untuk membuka form “Teller”, dapat dilakukan dengan menekan tombol keyboard “Ctrl + T”.
Dalam Menu “Transaksi“ terdapat submenu “Pinjam” dan “Bayar”. Submenu “Pinjam” berfungsi untuk melakukan peminjaman bagi Nasabah yang sudah mendaftakan diri pada Model Aplikasi Kredit. Submenu “Bayar” berfungsi untuk melakukan transaksi Pembayaran bagi Nasabah yang telah melakukan peminjaman pada Model Aplikasi Kredit.
Untuk membuka form “Pinjam”, Klik Menu “Transaksi” kemudian klik “Pinjam”, maka form Pinjam akan tampil, dapat juga dilakukan dengan menekan tombol keyboard “Ctrl + P”
Untuk membuka form “Bayar”, Klik Menu “Transaksi” kemudian klik “Bayar”, maka form Bayar  akan tampil, dapat juga dilakukan dengan menekan tombol keyboard “Ctrl + B”.
Menu “keluar “, untuk mengakhiri program Model Aplikasi Kredit.

Desain Form Pendaftaran Nasabah
Sebelum Nasabah dapat melakukan peminjaman uang, Nasabah harus mendaftarkan diri pada program Model Aplikasi Kredit.
Pertama-tama buka form Nasabah. Cara pendaftaran dapat dilakukan dengan meng-klik tombol daftar, dan isi text box dengan lengkap kemudian simpan.
Selain mendaftar, kita juga bisa melakukan perintah Edit dan perintah Hapus pada tabel daftar Nasabah yang sudah melakukan pendaftaran.
 

Desain Form Pendaftaran Teller
Sebelum Teller dapat masuk kedalam Model Program Aplikasi Kredit, Teller  harus sudah terdaftar pada program Model Aplikasi Kredit.
Pertama-tama buka form Teller. Cara pendaftaran dapat dilakukan dengan meng-klik tombol daftar, dan isi text box dengan lengkap kemudian simpan.
Selain mendaftar, kita juga bisa melakukan perintah Edit dan perintah Hapus pada tabel daftar Teller yang sudah tardaftar.
 

Desain Form Transaksi Peminjaman
Setelah Nasabah sudah terdaftar dalam program Model Aplikasi Kredit, Nasabah dapat melakukan Transaksi peminjaan uang .
Cara transaksi peminjaman uang  dapat dilakukan dengan cara klik menu Transaksi, kemudian  klik Pinjam. Bisa juga langsung  melalui keyboard dengan cara menekan tombol “Ctrl + P”.
Apabila Nasabah sudah terdaftar, maka nama Nasabah secara otomatis akan tampil pada text box nama.
 Kemudian tentukan Jumlah Pinjaman dan lama Cicilan. Secara otomatis Bunga dan Angsuran akan tampil pada program Model Aplikasi Kredit.
 

Desain Form Transaksi Pembayaran
Setelah melakukan peminjaman, Nasabah harus melakukan pembayaran , waktunya setelah 31 hari tanggal peminjaman selama cicilan yang telah ditentukan. Apabila Nasabah terlambat melakukan pembayaran, maka akan dikenakan denda per harinya, Program Model Aplikasi Kredit secara otomatis menghitung berapa denda yang harus dibayar Nasabah.
Cara transaksi pembayaran  kredit  dapat dilakukan dengan cara klik menu Transaksi, kemudian  klik Bayar. Bisa juga langsung  melalui keyboard dengan cara menekan tombol “Ctrl + B”.


Apabila Nasabah terdaftar sebagai Peminjaman uang pada Program Model Aplikasi Kredit, maka akan tampil kotak pesan dan keterangan Peminjaman Nasabah secara otomatis akan tampil pada text box.
Kemudian tentukan Cicilan ke berapa yang ingin dibayar, tentukan jumlah pembayaran pada text box “Jumlah Bayar”  kemudian Enter.
Jika uang  jumlah pembayaran sama dengan Angsuran atau lebih besar dari Angsuran maka secara otomatis Uang Kembali akan tampil pada Program Model Aplikasi Kredit, kemudian simpan data yang telah di inputkan tadi.
Apabila pembayaran telah dilakukan sebanyak jumlah cicilan, maka peminjaman dianggap lunas dan secara otomatis nasabah yang melakukan peminjaman akan dihapus dari  database dan  Nasabah tersebut dapat melakukan peminjaman lagi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar